Andai Sepak Bola Raih Emas SEA Games, Bonus Rp600 Juta Menanti

Andai Sepak Bola Raih Emas SEA Games, Bonus Rp600 Juta Menanti

Pemeritah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah menyiapkan bonus Rp600 juta untuk sepak bola jika berhasil meraih medali emas di SEA Games 2017 Malaysia.

Hal tersebut diutarakan Kepala Komunikasi Publik Kemenpora Gatot S Dewa Broto.

Gatot menerangkan untuk SEA Games 2017, Kemenpora belum menaikkan jumlah bonus yang akan diberi. Nantinya para peraih medali emas akan mendapatkan Rp200 juta, Rp100 juta untuk peraih medali perak, dan Rp50 juta untuk perunggu.

Adapun terkait mekanisme bonus, kata Gatot, sepak bola berbeda. Gatot menyatakan sepak bola adalah cabang olahraga yang dijanjikan bonus dengan jumlah terbesar dibandingkan yang lainnya–termasuk yang masuk kategori kelompok atau tim.

Gatot mencontohkan, jika pasangan ganda di cabang olahraga bulutangkis meraih medali emas, masing-masing pemain akan mendapatkan bonus Rp200 juta. Jumlah itu berlaku untuk cabang olahraga yang maksimal terdiri dari tiga orang.

“Tapi kalau sudah lebih dari tiga, seperti sepak bola jumlahnya jadi Rp600 juta untuk satu tim. Jumlah itu diambil dari nominal maksimal yang diberikan pemerintah,” kata Gatot.

“Nanti, terserah seperti apa pembagiannya di dalam tim,” imbuhnya.

Terkait kenaikan jumlah bonus apresiasi untuk para atlet yang membela Indonesia di ajang internasional, Gatot menyatakan hal tersebut baru memungkinkan terjadi pada gelaran Asian Games 2018. Namun, ia juga belum bisa membeberkan berapa jumlah besaran kenaikan tersebut.

“Soal mekanisme, nanti sama seperti sebelumnya,” tukas dia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: