Dortmund Balas Dendam pada Leipzig

Dortmund Balas Dendam pada Leipzig

Menjamu RB Leipzig di Signal Iduna Park, Minggu (5/2/2017) dinihari WIB, Die Borussen melakukan revans dengan memetik kemenangan dengan skor 1-0 lewat gol tunggal dari Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-34.

 

Dengan hasil ini, usaha Leipzig untuk mengejar Bayern Munich pun akan menjadi lebih terjal. Sedangkan bagi Dortmund, kemenangan ini cukup berharga dalam usaha mereka untuk kembali ke papan atas Bundesliga, memperebutkan tiket Liga Champions.

 

Skema tiga bek sekarang ini menjadi sebuah tren baru di Inggris. Skema ini memberikan sebuah tim keunggulan jumlah pemain yang berada di lini tengah. Dalam pertandingan melawan Leipzig, Dortmund pun mencoba untuk menggunakan skema tiga bek ini.

 

Menerapkan formasi dasar 3-1-4-2, Thomas Tuchel memasang Sokratis Papastathopoulos, Marc Bartra, dan Lukasz Piszczek sebagai tiga bek di lini pertahanan. Pemasangan tiga bek ini, dengan menempatkan Marcel Schmelzer dan Erik Durm sebagai wing back kiri dan kanan, memberikan keunggulan tersendiri bagi Dortmund, baik ketika menyerang maupun bertahan.

 

Ketika menyerang, Schmelzer dan Durm dapat mengisi ruang-ruang di sayap dan memberikan opsi bagi para pemain di tengah untuk memulai serangan lewat sayap serta menambah jumlah pemain di tengah. Ketika bertahan, dua wing back ini akan membantu tiga bek di belakang untuk menutup ruang dari sayap sekaligus menambah pemain-pemain yang berkontribusi di pertahanan.

RB Leipzig adalah tim dengan gaya menyerang yang cukup ortodok ala Jerman lama. Tim ini biasa menyerang lewat tengah, menggunakan kemampuan umpan dan pergerakan cepat dari para pemain tengahnya, dan menggunakan sayap sebagai area untuk menekan lawan. Namun dalam pertandingan melawan Dortmund, hal ini sama sekali tidak terlihat.

 

Banyaknya serangan Leipzig dari sayap ini tak lepas dari gaya bertahan yang diterapkan Dortmund. Selain menumpuk pemain di area pertahanan, keunggulan jumlah pemain di tengah berkat skema tiga bek yang mereka terapkan berhasil dimanfaatkan untuk menekan double pivot Leipzig, Stefan Ilsanker, dan Rani Khedira.

Leave a Reply

%d bloggers like this: